(( Menu Halaman )) - (( Qur'an )) (( Hadits ))

Silsilah Nabi Muhammad SAW

 


    Pada zaman dahulu khususnya tradisi orang-orang Arab, nasab adalah sesuatu hal yang sangat dijunjung tinggi karena bisa menunjukkan derajat sosialnya.

    Di era modern ini, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, nasab bisa ditelaah dengan cara mengetahui informasi genetiknya melalui DNA (Deoxyribonucleic acid).

    Muhammad Abduh Yamani menulis sebuah riwayat dari Ibnu Abbas ra dalam kitabnya yang berjudul ‘Allimu Auladakum Mahabbat Rasulillah.

Dari Ibnu Abbas ra, "Sesungguhnya Nabi Muhammad saw adalah cahaya yang telah dijaga oleh Allah Swt selama dua ribu tahun sebelum diciptakannya Nabi Adam as. Lalu ketika Allah Swt menciptakan Nabi Adam, Ia meletakkan cahaya tersebut di tulang sulbi (rusuk) Nabi Adam as."

Sementara itu, Shafiyurrahman al-Mubarakfuri dalam kitabnya Ar-Rahiq al-Makhtum membagi riwayat nasab Nabi Muhammad saw menjadi tiga, yaitu:

1. Nasab yang menurut kesepakatan antara ahli sejarah dan ahli nasab yaitu berada pada Adnan

    Lebih rincinya, garis dari nasab tersebut di antaranya Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib – Ibnu Hasyim – Abd Manad – Ibn Qushay – Ibn Kilab bin Muroh bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (disebut juga Bani Quraisy) – Ibn Malik bin Nadhar – Ibnu Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah – Ibn Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.

2. Nasab Nabi Muhammad menurut perbedaan antara orang yang tidak berkomentar apa pun tentang nasab Nabi dan orang yang mengatakan nasab Nabi berada pada Adnan

    "Adapun nasab Rasulullah di atas Adnan, para ulama berbeda pendapat, tidak ada yang bisa dianggap paling sahih. Namun, semua ulama bersepakat bahwa Adnan merupakan keturunan dari Nabi Ismail, seorang Nabi Allah putra dari Nabi Ibrahim Khalilullah 'alaihis salam." (Syekh Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan al-Buthi, Fiqh al-Sirah al-Nabawiyyah Ma’a Mujaz li al-Tarikh al-Khilafah al-Rasyidah, Damaskus: Dar al-Fikr, 1991, h. 73)

3. Nasab Nabi Muhammad yang paling populer dan yang sudah tidak diragukan lagi adalah bahwasanya garis nasabnya sampai kepada Nabi Ibrahim as

    Sebuah hadis dari dari Abi Ammar bin Syaddad bahwa ia mendengar penuturan Watsilah bin Asqa’ bahwa saya mendengar Rasulullah saw bersabda:

"Sesungguhnya Allah Swt telah memilih Kinanah dari keturunan Nabi Ismail as dan memilih Quraisy dari keturunan Kinanah dan memilih Bani Hasyim dari keturunan Quraisy dan memilihku dari keturunan Bani Hasyim." (HR. Muslim)

    Dengan demikian, berdasarkan hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa Nabi Muhammad saw merupakan keturunan dari Nabi Ismail as sehingga sampai kepada Nabi Ibrahim as.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

toko islam

toko islam

Popular Posts

Umroh Murah Ibadah Berkah

  UMRAH PASTI MAMPU!!!!! 🕋🕋 Di Tanur Ada program keren namanya Easy Umrah apa aja sih easy nya klo anda mau umrah DI TANUR cekidottt 👇 1....

Kajian Umum