(( Menu Halaman )) - (( Qur'an )) (( Hadits ))

Peristiwa di bulan Muharram



Dalam kitab Nazatul Majalis wa Muntakhabun Mawaidz karya Syekh Abdurahman Al-Sofuri juz 1 halaman 174 dijelaskan bahwa pada tanggal 10 Muharram Allah memuliakan 10 Nabinya, diantaranya:
1. Istofa Adama, artinya Allah memilih Nabi Adam. Sebagaimana diceritakan dalam sejarah bahwa Nabi Adam memiliki salah hingga diturunkan ke bumi. Istrinya Hawa diturunkan di Jeddah, sedangkan Nabi Adam di Srilanka. Kemudian Nabi Adam bertaubat dan diterima taubatnya oleh Allah pada 10 Muharram,
2. Allah mengangkat Nabi Idris ke langit pada pada tanggal 10 Muharram.
3. Berlabuhnya perahu Nabi Nuh yang mendarat di atas gunung Judd. Saat itu menggenangi bumi selama 150 hari. Air turun dari langit berwarna kuning, dan keluar dari bumi berwarna merah. Pada peristiwa ini juga Kakbah roboh.
4. Allah mengangkat Nabi Ibrahim sebagai khalilullah atau kekasih Allah pada tanggal 10 Muharram.
5. Allah mengampuni Nabi Daud pada tanggal 10 Muharram.
6. Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman pada 10 Muharram.
9. Nabi Yusuf dan Nabi Yakub sempat terpisah selama 40 tahun, lalu Allah kumpulkan kembali Nabi Yusuf dan Nabi Yakub, pada 10 Muharram.
10. Peristiwa lahirnya Nabi Isa serta naiknya ia ke langit juga pada 10 Muharram.




Peristiwa lain yang terjadi pada Bulan Muharam yaitu :

1. Taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah SWT. 
2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat juga terjadi di Muharam, yakni usai dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar manusia di Bumi. 
3. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa Namrud terjadi di Muharam. Siksa itu berupa nyala api, yang ternyata tidak membakar Nabi Ibrahim. 
4. Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara kerajaan Mesir. Sebelumnya, Nabi Yusuf AS dipenjara karena fitnah yang menimpanya.
5. Peristiwa Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut ikan besar yang menelannya pun terjadi di bulan Muharam.
6. Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakitnya juga pada bulan Muharam. 
7. Nabi Musa AS dan umatnya, kaum Bani Israil, selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa dan ratusan ribu umatnya selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

toko islam

toko islam

Popular Posts

Umroh Murah Ibadah Berkah

  UMRAH PASTI MAMPU!!!!! 🕋🕋 Di Tanur Ada program keren namanya Easy Umrah apa aja sih easy nya klo anda mau umrah DI TANUR cekidottt 👇 1....

Kajian Umum