(( Menu Halaman )) - (( Qur'an )) (( Hadits ))
  • Al-Qur'an dan Hadits Sebagai Petunjuk Hidup

    Nabi Muhammad saw telah mewariskan 2 hal kepada kita sebagai petunjuk kehidupan apapun yang berkaitan dengan kehidupan, yaitu Al-Qur'an dan Hadits

  • Masalah - Solusi - Sukses

    Ketika kita dihadapi dengan berbagai masalah kehidupan, kita harus mencari solusi untuk sukses.

  • Pondok Pesantren Digital

    Pondok Pesantren Digital adalah Media Belajar Agama Islam secara digital berbasis online yang dapat di akses melalui Smartphone, Laptop ataupun Komputer dengan system khusus

  • Solusi Terbaik Mengatasi Masalah

    Bagaimana kita dapat mengatasi berbagai permasalahan hidup apapun masalahnya di sini kami beritahu solusi terbaik yang pasti berhasil.

Tokoh Islam Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

 Golongan Pertama    : Tokoh Terkemuka dari Kalangan Sahabat

Kategori Pertama       : 10 Tokoh Yang Memperoleh Jaminan Masuk Syurga

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A.

2. ‘Umar Bin Al-Khattab R.A.

3. Utsman Bin ‘Affan R.A.

4. Ali Bin Abi Thalib R.A.

5. Zubair Bin ‘Awwam R.A.

6. Sa’ad Bin Abi Waqash R.A.

7. Abu Ubaidah bin Al-Jarrah R.A.

8. ‘Abdurrahman Bin ‘Auf R.A.

9. Thalhah Bin Ubaidillah R.A.

10. Sa’id Bin Zaid R.A.

 

Kategori Kedua           : Tokoh Terkemuka Pemimpin Kaum Anshar

1. ‘Abdullah Bin Rawahah R.A.

2. Sa’ad Bin ‘Ubadah R.A.

3. ‘Ubadah Bin Shamit R.A.

4. Usaid Bin Hudhair R.A.

5. Sa’ad Bin Rabi’ R.A.

6. ‘Abdullah Bin Haram R.A.

 

Kategori Ketiga           : Tokoh Terkemuka dari Kalangan Syuhada’

1. Hamzah Bin ‘Abdul Muthalib R.A.

2. Mus’ab Bin Umair R.A.

3. Zaid Bin Haritsah R.A.

4. Ja’far Bin Abi Thalib R.A.

5. Husein Bin ‘Ali Bin Abi Thalib R.A.

6. Sa’ad Bin Mu’adz R.A.

7. Abu Salamah R.A.

8. ‘Ammar Bin Yasir R.A.

9. Abad Bin Bisyr R.A.

10. Salim Maula Abi Huzaifah R.A.

11. Al-Barra’ Bin Malik R.A.

12. Abu Dujanah R.A.

13. ‘Amr Bin Jamuh R.A.

14. Abu Ayub Al-Anshari R.A.

15. Anas Bin Nadhar R.A.

16. Abu Thalhah R.A.

17. ‘Abdullah Bin Jahsy R.A.

18. Ayyasy Bin Abi Rubai’ah R.A.

19. Khubaib Bin Adi R.A.

20. Thufail Bin Amr Ad-Dusi R.A.

21. Nu’man Bin Muqrin R.A.

22. ‘Abdullah Bin ‘Abdullah Bin Ubai Bin Salul R.A.

23. Tsabit Bin Qais R.A.

24. Ikrimah Bin Abi Jahal R.A.

 

Kategori Keempat       : Para Panglima Perang dan Penakluk

1. Khalid Bin Al-Walid R.A.

2. ‘Amr Bin Ash R.A.

3. Huzaifah Ibnul Yaman R.A.

4. Qa’qa’ Ibnu ‘Amr R.A.

5. Mu’awiyah Bin Abi Sufyan R.A.

6. Mutsanna Bin Haritsah R.A.

7. Salamah Bin Al-Aqra’ R.A.

8. Mughirah Bin Syu’bah R.A.

9. ‘Abdullah Bin Amir R.A.

10. Utbah Bin Ghazawan R.A.

11. ‘Abdullah Bin Sa’ad R.A.

 

Kategori Kelima          : Para Gubernur dan Hakim

1. Imran Bin Husein R.A.

2. Abu darda’ R.A.

3. Syaddad Bin Aus R.A.

4. Sa’id Bin Amir R.A.

5. Al-‘Ala Al-Hadhrami R.A.

 

Kategori Keenam        : Para Ulama di Kalangan Sahabat

1. Mu’adz Bin Jabal R.A.

2. ‘Abdullah Bin ‘Abbas R.A.

3. ‘Abdullah Bin Mas’ud R.A.

4. Abu Musa Al-Asy’ari R.A.

5. Zaid Bin Tsabit R.A.

6. ‘Abdullah Bin Sala R.A.

7. Ubai Bin Ka’ab R.A.

8. Abu Hurairah R.A.

9. Anas Bin Malik R.A.

10. Abu Sa’id Al-Khudri R.A.

11. ‘Abdullah Bin ‘Umar R.A.

12. Abdullah Bin ‘Amr R.A.

 

Kategori Ketujuh         : Anak-Anak Para Sahabat

1. Hasan Bin Ali Bin Abi Thalib R.A.

2. Usamah Bin Zaid R.A.

3. ‘Abdullah Bin Zubair R.A.

4. Qais Bin Sa’ad R.A.

5. Umair Bin Sa’ad R.A.

 

Kategori Kedelapan    : Tokoh Terkemuka Sahabat Yang Bukan Bangsa Arab

1. Bilal Bin Rabah R.A.

2. Salman Al-Farisi R.A.

3. Shuhaib Ar-Rumi R.A.

 

Kategori Kesembilan  : Para Penyair dan Utusan

1. Hassan Bin Tsabit R.A.

2. Ka’ab Bin Malik R.A.

3. Tsumamah Bin Utsal R.A.

4. Adiy Bin Hatim R.A.

 

Kategori Kesepuluh    : Tokoh Terkemuka dari Orang Awam Kaum Muhajirin dan Anshar

1. ‘Abbas Bin ‘Abdul Muthalib R.A.

2. Ibnu Ummi Maktum R.A.

3. Utsman Bin Mazh’un R.A.

4. Khabbab Bin Art R.A.

5. Abu Dzar Al-Ghifari R.A.

6. Muhammad Bin Maslamah R.A.

7. Miqdad Bin ‘Amr R.A.

 

Golongan Kedua       : Tokoh Terkemuka dari Kalangan Tabi’in

1. Urwah Bin Zubair

2. Sulaiman Bin Yasar

3. Sa’id Bin Musayyib

4. Salamah Bin Dinar

5. Ibnul hanafiyyah

6. Zainal ‘Abidin

7. Salim Bin ‘Abdullah

8. Rabi’ah Ar-Ra’yi

9. Az-Zuhri

10. Nafi’

11. Muhammad Bin Munkadir

12. Ikrimah

12. Mujahid

13. Abu Muslim Al-Khaulani

14. Abu Idris Al-Khaulani

15. Khalid Bin Yazid

16. Hasan Al-Basri

17. Ahnaf Bin Qais

18. Muhammad Bin Sirin

19. Abu Aliyah

20. Shilah Bin Asyam

21. Muhammad Bin Wasi’

22. Al-Qadi ‘Iyas

23. Uwais Al-Qarni

24. Syuraih Al-Qadhi

25. Sa’id Bin Jubair

26. Masruq Bin Ajda’

27. Asy-Sya’bi

28. Thawus

29. Wahab Bin Munabbih

30. An-Najasyi[1]

 

Golongan Ketiga       : Para Pejuang Agama Allah SWT

Kategori Pertama       : Para Penakluk

1. Musa Bin Nushair

2. Thariq Bin Ziyad

3. Uqbah Bin Nafi’

4. Hassan Bin Nu’man

5. Abdurrahman Al-Ghafiqi

6. Qutaibah Bin Muslim

7. Muhammad ibnu Qasim

8. Asad Bin Furad

9. Alap (Aleppo) Arsalan

10. Yusuf Bin Tasyfin

11. Muhammad Al-Fatih

 

Kategori Kedua           : Para Pembebas Negeri-Negeri Islam Yang Pernah Dikuasai Oleh Musuh

1. Nuruddin Mahmud

2. Salahuddin Al-Ayubi

3. Qhutuz

4.Bibers

5. ‘Umar Makram

6. ‘Abdul Qadir Al-Jazairi

7. Ahmad Arabi

8. As-Sanusi

9. Abdul Karim Al-Khattabi

10. Amin Al-Husaini

 

Kategori Ketiga           : Para Syuhada’ Pada Era Modern

1. Sulaiman Al-Halabi

2. Yusuf Al-Azhamah

3. ‘Umar Al-Mukhtar

4. Hasan Al-Banna

5. Sayyid Quthb

6. Muhammad Farghali

7. Abdul Qadir Audah

8. Yusuf Tsala’at

9. Ibrahim At-Thayyib

10. Nuwab Safwa

11. Marwan Hadid

12. Kamal As-Sananiri

13. ‘Abdul ‘Azzam

 

Kategori Keempat       : Para Syuhada’ Palestina

1. ‘Izzuddin Al-Qassam

2. Farhan As-Sa’di

3. ‘Abdul Qadir Al-Husaini

4. Syeikh Ahmad Yasin

5. ‘Abdul ‘Aziz Ar-Rantisi

6. Yahya Ayyasy

7. Mahmud Abu Hunud

8. Mahnat Ath-Thahir

9. Shalah Syahadah

 

Kategori Kelima          : Para Da’i (Pendakwah) dan Pembawa Pembaharuan

1. Muhammad Bin ‘Abdul Wahab

2. Jamaluddin Al-Afghani

3. Rasyid Ridha

4. Syakib Arselan

5. An-Nursi

6. ‘Abdul Hamid Bin Badis

7. Alal Al-Fasi

8. Abul A’la Al-Maududi

9. Mustafa As-Siba’i

10. Muhammad Mahmud Ash-Shawaf

11. Amjad Az-Zahawi

12. Hasan Al-Hudhaibi

13. ‘Umar At-Tilmisani

14. Abu An-Nasar

15. Muhammad Al-Ghazali

16. abul Hasan An-Nadawi

17. Basyir Al-Ibrahimi

 

Golongan Keempat   : Ulama, Khalifah dan Pujangga

Kategori pertama        : Empat Imam Mazhab

1. Imam Abu Hanifah An-Nu’man

2. Imam Malik Bin Anas

3. Imam Asy-Syafi’i

4. Imam Ahmad Bin Hanbal

 

Kategori Kedua           : Para Mufassir dan Ahli Hadits

1. Ath-Thabari

2. Al-Qurthubi

3. Ibnu katsir

4. Fakhrurrazi

5. As-Suyuthi

6.Asy-Sya’rawi

7. Al-Bukhari

8. Muslim

9. At-Tirmidzi

10. An-Nasa’i

11. Abu daud

12. Ibnu Majah

13. Al-Baihaqi

14. Al-Auza’i

15. An-Nawawi

16. Sufyan Bin Uyainah

17. Ibnu Hajar Al-Asqalani

 

Kategori Ketiga           : Para Ahli Fiqh

1. Al-Laits Bin Sa’ad

2. Ibnu Hazm

3. Abu Hamid Al-Ghazali

4. Ibnul Jauzi

5. Ibnu Qudamah

6. Al-Izz Bin Abdissalam

7. Ibnu Taimiyyah

8. Ibnu Qayyim Al-Jauzi

9. Sufyan Ats-Tsauri

10. Abu Yusuf

11. Qadhi Iyadh

 

Kategori Keempat       : Tokoh Tasawwuf dan Zuhud

1. ‘Abdullah Bin Mubarak

2. Fudhail Bin ‘Iyadh

3. Ibrahim Bin Adham

4. Junaid

5. Malik Bin Dinar

 

Kategori Kelima          : Ahli Sejarah dan Penyair

1. Ibnu Ishak

2. Adz-Dzahabi

3. Abu Aswad Ad-Duali

4. Khalil

5. Ashmu’i

6. Kasa’i

7. Fairuz Abadi

 

Kategori Keenam        : Para Dokter, Ahli Kimia dan Fisika

1. Razi

2. Zahrawi

3. Ibnmu nafis

4. Jabir Bin Hayan

5. Hasan Bin Haitsam

6. ‘Abbas Bin Farnas

7. Khawarizmi

 

Kategori Ketujuh         : Para Syeikh Al-Azhar Asy-Syarif

1. Syarqawi

2. Muhammad Khadar Husain

3. Maraghi

4.’Abdul Majid Salim

5. Mahmud Syaltut

6. ‘Abdul Halim Mahmud

 

Kategori Kedelapan    : Para Khalifah Yang Terkenal

1. ‘Abdul Malik Bin Marwan

2. Walid Bin ‘Abdul Malik

3. Sulaiman Bin ‘Abdul Malik

4. ‘Umar Bin ‘Abdul ‘Aziz

5. Al Mahdi

6. Harun Ar-Rasyid

7. Ba Yazid I

8. Murad II

9. ‘Abdul Hamid II

 

Kategori Kesembilan  : Para Penyair

1. Abul Atahiyah

2. Muhammad Iqbal

 

Golongan Kelima      : Tokoh Terkemuka dari Kalangan Wanita

Kategori Pertama       : Ummahatul Mukminin (Isteri-Isteri Rasulullah S.A.W.)

1. Khadijah Binti Khuwailid R.A.

2. Saudah Binti Zam’ah R.A.

3. ‘Aisyah Binti Abu Bakar R.A.

4. Habsyah R.A.

5. Zainab Binti Khuzaimah R.A.

6. Ummu Salamah R.A.

7. Zainab Binti Jahsyin R.A.

8. Juwairiyah Binti Harits R.A.

9. Sufiah Binti Huyai R.A.

10. Ummu Habibah R.A.

11. Maimunah Binti Harits R.A.

 

Kategori Kedua           : Anak Perempuan dan Cucu Perempuan Rasulullah S.A.W.

1. Fatimah Az-Zahra’ R.A.

2. Zainab R.A.

3. Ruqayyah R.A.

4. Ummu Kultsum R.A.

5. Zainab Binti ‘Ali Bin Abi Thalib R.A.

6. Ummu Kultsum Binti ‘Ali Bin Abi Thalib R.A.

 

Kategori Ketiga           : Para Sahabiah (Sahabat dari Kalangan Wanita)

1. Asma’ Binti Abu Bakar R.A.

2. Asma’ Binti Umais R.A.

3. Asma’ Binti Yazid R.A.

4. Nasibah Binti Ka’ab R.A.

5. Al Khansa’ R.A.

6. Shafiyyah Al Qursyiah R.A.

7. Ummu Sulaim R.A.

8. Ummu Haram R.A.

9. Ummu Kultsum Binti Uqbah R.A.

10. Ummu Hani’ R.A.

11. Rabiah Binti Muawwad R.A.

12. Atikah Binti Zaid R.A.

13. Barkah Binti Tsa’labah R.A.

14. Ummu Hakim Binti Haris R.A.

 

Kategori Keempat       : Para Wanita Solehah dan Mujahidah

1. Rabi’ah Al-Adawiyah

2. Nafisah Binti hasan

3. Hafsah Binti Sirin

4. Muazah Al-Adawiyah

5. Zabidah Binti Ja’far

6. Zainab Al-Ghazali

 

Kategori Kelima          : Para Pejuang Wanita Palestina

1. Sa’ad Judallah

2. Hunadi Taisyir Garadat

3. Rayim Ar-Ryasyi

4. Ayat Al-Akhras

5. Darin Abu ‘Aisyah

 

(Dipetik dari Kitab: ‘Uzhama’ Al-Islam, ‘Ibaru Arba’ah ‘Asyar Qarnan Min Az-Zaman. Karangan Syeikh Muhammad Sa’id Mursi).

 

 

 

[1] Menurut pendapat penulis kitab, An-Najasyi tergolong seorang tabi’in, karena ia pernah bertemu dengan sahabat dan tidak pernah bertemu dengan Nabi Muhammad S.A.W., walaupun ia hidup pada zaman Rasulullah S.A.W.

Share:

Mengenal & Memahami Al-Qur'an

 



DAFTAR ISI

 

i. KATA PENGANTAR ...................................................

ii. DAFTAR ISI ................................................................

BAB I MENGENAL AL-QUR’AN

1. Arti dan Asal Kata Al-Qur’an .......................................

2. Sejarah Al-Qur’an ....................................................

2.1 Periode Penurunan Al-Qur’an ...........................

2.2 Penulisan Al-Qur’an dan Perkembangannya ..

2.3 Penyusunan Surah-Surah Al-Qur’an ...............

2.4 Penamaan Surah-Surah AL-Qur’an ...............

3. Surah-Surah dalam AL-Qur’an ................................

3.1 Surah Makiyyah dan Madaniyyah

3.2 Pembagian Surah-surah Al-Qur’an

3.3 Pembuka dan Penutup Surah-surah Al-Qur’an

3.4 Hikmah Pembagian surah-surah Al-Qur’an

3.5 Urutan Surah Al-Qur’an dan Keterangannya.

4. Nama-nama lain Al-Qur’an

5. Hubungan Al-Qur’an dengan Kitab-kitab yang lain

6. Hubungan Al-Qur’an dengan Hadits Nabi

7. Kemurnian Al-Qur’an

8. Adab Terhadap Al-Qur’an

BAB II MEMAHAMI AL-QUR’AN

1. Penerjemahan dan penafsiran Al-Qur’an

2. Ilmu-ilmu Al-Qur;an

2.1 Auqat wa Mawathin an-Nuzul

2.2 Asbabun-nuzul,

2.3 Tawarikh an-Nuzul,

2.4 Adabi Tilawat al-Qur'an,

2.5 Tajwid al-Qur'an,

2.6 Fawatih as-Suwar,

2.7 Qira'at al-Qur'an,

2.8 Rasm al-Qur'an,

2.9 Gharib al-Qur'an,

2.10 I'rab al-Qur'an,

2.11 Bada'i al-Qur'an,

2.12 Ma'rifatil Muhkam wa al-Mutasyabih,

2.13 Naskh wa al-Mansukh

2.14 Tanasubi Ayat al-Qur'an,

2.15 Wujh wa an-Nazha'ir,

2.16 Amsal al-Qur'an,

2.17 Jidal al-Qur'an,

2.18 Qasas al-Qur'an,

2.19 Aqsam al-Qur'an,

2.20 I'jaz al-Qur'an,

2.21 Tafsir al-Qur'an. 

3. Fungsi Al-Qur’an

3.1 Al-Huda ( Petunjuk )

3.2 Al-Mau’idah ( Pelajaran / Nasihat )

3.3 Asy-Syifa' (Obat/penyembuh)

3.4 Ar-Rahmat ( Karunia )

3.5 Al-Bayan (Penerang)

3.6 Al-Busyra (Kabar gembira)

3.7 An-Nur (Cahaya)

3.8 Al-Basha'ir (Pedoman)

3.9 Al-Balagh (Penyampaian/kabar)

4. Hal-Hal Yang di jelaskan dalam Ayat-ayat Al-Qur’an

4.1 Ibadah

4.2 Muamalah

4.3 Aqidah

4.4 Akhlak

4.5 Sejarah

4.6 Hukum

Share:

Larangan merendahkan orang lain


Dalam surat Al Hujurat, Allah Ta’ala memberikan kita petunjuk dalam berakhlak yang baik,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَى أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (QS. Al Hujurat: 11)
Ibnu Katsir rahimahullah berkata bahwa ayat di atas berisi larangan melecehkan dan meremehkan orang lain. Dan sifat melecehkan dan meremehkan termasuk dalam kategori sombong sebagaimana sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam,
الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ
Sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim no. 91). Yang dimaksud di sini adalah meremehkan dan menganggapnya kerdil. Meremehkan orang lain adalah suatu yang diharamkan karena bisa jadi yang diremehkan lebih mulia di sisi Allah seperti yang disebutkan dalam ayat di atas.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 713).
Ingatlah orang  jadi mulia di sisi Allah dengan ilmu dan takwa. Jangan sampai orang lain diremehkan dan dipandang hina. Allah Ta’ala berfirman,
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al Mujadilah: 11)
Seorang mantan budak pun bisa jadi mulia dari yang lain lantaran ilmu. Coba perhatikan kisah seorang bekas budak berikut ini.
أَنَّ نَافِعَ بْنَ عَبْدِ الْحَارِثِ لَقِىَ عُمَرَ بِعُسْفَانَ وَكَانَ عُمَرُ يَسْتَعْمِلُهُ عَلَى مَكَّةَ فَقَالَ مَنِ اسْتَعْمَلْتَ عَلَى أَهْلِ الْوَادِى فَقَالَ ابْنَ أَبْزَى. قَالَ وَمَنِ ابْنُ أَبْزَى قَالَ مَوْلًى مِنْ مَوَالِينَا. قَالَ فَاسْتَخْلَفْتَ عَلَيْهِمْ مَوْلًى قَالَ إِنَّهُ قَارِئٌ لِكِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَإِنَّهُ عَالِمٌ بِالْفَرَائِضِ. قَالَ عُمَرُ أَمَا إِنَّ نَبِيَّكُمْ -صلى الله عليه وسلم- قَدْ قَالَ « إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ »
Dari Nafi’ bin ‘Abdil Harits, ia pernah bertemu dengan ‘Umar di ‘Usfaan. ‘Umar memerintahkan Nafi’ untuk mengurus Makkah. Umar pun bertanya, “Siapakah yang mengurus penduduk Al Wadi?” “Ibnu Abza”, jawab Nafi’. Umar balik bertanya, “Siapakah Ibnu Abza?” “Ia adalah salah seorang bekas budak dari budak-budak kami”, jawab Nafi’. Umar pun berkata, “Kenapa bisa kalian menyuruh bekas budak untuk mengurus seperti itu?” Nafi’ menjawab, “Ia adalah seorang yang paham Kitabullah. Ia pun paham ilmu faroidh (hukum waris).” ‘Umar pun berkata bahwa sesungguhnya Nabi kalian -shallallahu ‘alaihi wa sallam- telah bersabda, “Sesungguhnya suatu kaum bisa dimuliakan oleh Allah lantaran kitab ini, sebaliknya bisa dihinakan pula karenanya.” (HR. Muslim no. 817).
Semoga nasehat di pagi hari ini bermanfaat. Wasiat Rasul lainnya akan disampaikan pada postingan lanjutan, insya Allah. Hanya Allah yang memberi taufik.
Share:

Belajar Agama via Internet


Apakah mendengarkan pelajaran-pelajaran agama melalui internet termasuk mendapat keutamaan dikelilingi Malaikat*)?
Jawab:
Ya insya Allah, Allah itu Karim (Maha Pemurah). Orang tersebut sedang melakukan kebaikan dan amal shalih, kami harap ia mendapatkan keutamaan demikian (dikelilingi Malaikat rahmah).
Dan sekarang ini majelis ilmu itu menjadi lebih luas sejak adanya banyak wasilah. Semisal adanya pengeras suara dan wasilah yang lain, majelis ilmu menjadi luas dan tersebar luas diantara manusia. Maka kami harapkan demikian (mendapat keutamaan majelis ilmu) insya Allah, bagi orang yang ikut mendengarkan dan ikut serta dalam majelis ilmu (melalui wasilah-wasilah, pent.).
Semoga Allah mengumpulkan saya dan anda sekalian dalam kasih sayang Allah dan rahmat-Nya.
**

*) sebagaimana sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
لا يقعدُ قومٌ يذكرون اللهَ عز وجل إلا حفَّتْهم الملائكةُ ، وغشيتْهم الرحمةُ ، ونزلتْ عليهم السكينةُ ، وذكرهم اللهُ فيمن عنده
“tidaklah suatu kaum duduk untuk mengingat Allah, kecuali para Malaikat (rahmah) mengelilinginya, rahmat Allah menyelimutinya dan turun kepada mereka ketenangan, serta Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang berada di sisinya” (HR. Muslim, no. 2700)
Penerjemah: Yulian Purnama
Artikel Muslim.Or.Id


Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/20716-fatwa-ulama-mendengarkan-pelajaran-agama-via-internet-dikelilingi-malaikat.html
Share:

Ilmu Hadits



Ilmu Musthalah Hadits secara nama belum ada pada masa Rasulullah SAW. Ia pada saat itu masih berupa semangat yang teraplikasikan secara alamiah dalam kehidupan para sahabat ketika mendengarkan berita yang disebut-disebut bersumber dari Nabi SAW. Ketika mereka mendengarkan seseorang bercerita tentang Nabi, mereka mengonfirmasi kebenaran berita tersebut kepada sumber utamanya, yaitu Nabi Muhammad SAW sendiri atau orang-orang yang dekat dengannya. 
Hal serupa juga terjadi setelah wafatnya Rasul. Para sahabat saling bertanya satu sama lain dalam mengonfirmasi kebenaran sebuah berita. Lama-kelamaan karena waktu terus bergulir dan jarak umat Islam dengan Nabi semakin jauh, maka dengan sendirinya sebuah berita membentuk silsilah pembawanya (perawi) yang semakin panjang. Hal inilah yang kemudian melatari munculnya sebuah ilmu untuk mengkaji kebenaran silsilah berita tersebut. Ilmu tersebut bernama Ilmu Musthalah Hadits yang pembentukannya semakin matang pada abad kedua dan ketiga hijriah. Puncaknya adalah kemunculan beberapa kitab khusus yang membahas istilah-istilah penting dalam hadits sebagai berikut. 

Pertama, Kitab Al-Muhadditsul Fashil baynar Rawi wal Wa’i karya Al-Qadhi Ar-Ramahurmuzi (360 H). Kitab ini dianggap sebagai karya pertama yang membahas ilmu hadits secara khusus, meskipun pembahasannya masih umum dan belum terlalu detail. 

Kedua, kitab Ma’rifatu ‘Ulumil Hadits karya Al-Hakim An-Naisaburi (405 H). Kitab ini juga masih sederhana dan susunannya belum tersistematis.

Ketiga, kitab Al-Mustakhraj ala Ma’rifati Ulumil Hadits karya Abu Nu’aim Al-Asbahani (430 H). Penulisnya melalui kitab ini mencoba melengkapi kekurangan dari kitab-kitab yang ada sebelumnya. 

Keempat, kitab Al-Kifayah fi Ilmir Riwayah karya Al-Khatib Al-Baghdadi (463 H). Berbeda dengan karya-karya sebelumnya, kitab ini lebih lengkap dan memuat tema-tema ilmu hadits yang lebih beragam.

Kelima, kitab Ulumul Hadits atau yang lebih dikenal dengan sebutan Muqaddimah Ibnus Shalah yang ditulis oleh Imam Ibnu Shalah (643 H). Kitab ini menghimpun keterangan dari beberapa kitab sebelumnya dan merapikan sistematika penyajiannya.

Keenam, kitab At-Taqrib wat Taysir li Ma’rifati Sunanil Basyirin Nadzir karya Imam Al-Nawawi (676 H). Karya ini merupakan simpulan dari kitab Muqaddimah Ibnus Shalah. 

Ketujuh, kitab Tadribur Rawi fi Syarhi Taqrib An-Nawawi karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi (911 H). Karya ini merupakan syarah (penjelasan) atas kitab At-Taqrib An-Nawawi.

Kedelapan, kitab Taysiru Mushthalahil Hadits karya Mahmud Thahhan. Kitab kontemporer yang mencakup seluruh istilah dalam ilmu hadits dan dijelaskan dengan bahasa yang gamblang serta mudah dipahami. Selain itu, sebagian kitab ilmu hadits ada juga yang ditulis dalam bentuk nazham (syair berbahasa Arab) oleh para ulama, di antaranya seperti kitab Alfiyah Al-‘Iraqi karya Imam Al-‘Iraqi (806 H) yang kemudian dijelaskan oleh Imam As-Sakhawi (902 H) dalam karyanya Fathul Mughits fi Syarhi Alfiyatil Hadits. Demikian juga dengan Nazham Al-Bayquni yang ditulis oleh Umar bin Muhammad Al-Baiquni (1080 H) yang terdiri atas 34 bait. Kitab yang terakhir ini sangat populer dan diajarkan di berbagai pesantren di Nusantara. Wallahu a’lam. (Yunal Isra)

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/83883/kitab-kitab-populer-dalam-ilmu-hadits
Share:

toko islam

toko islam

Popular Posts

Umroh Murah Ibadah Berkah

  UMRAH PASTI MAMPU!!!!! 🕋🕋 Di Tanur Ada program keren namanya Easy Umrah apa aja sih easy nya klo anda mau umrah DI TANUR cekidottt 👇 1....

Kajian Umum