(( Menu Halaman )) - (( Qur'an )) (( Hadits ))

Cara terbaik mengatasi masalah



Setiap manusia akan memiliki masalah atau cobaan sebagaimana firman Alloh SWT dalamnya Surat al baqarah ayat 155-157

sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (QS. Al-Baqarah: 155) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (QS. Al-Baqarah: 156) Mereka itulah yang mendapatkan keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 157)

Dengan berbagai masalah yang muncul Alloh SWT tau bahwa hambanya mampu menghadapinya. sesuai Firman Alloh Surat Al-Baqarah Ayat 286 :


لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

Adapun Cara terbaik mengatasi masalah berdasarkan Al-Qur'an Adalah Sebagai berikut :

1. Bertaqwa 

Q.S. At-thalaq Ayat 2 " Barangsiapa bertaqwa , maka akan diberikan solusi "
Apa itu taqwa dijelaskan pada surat al-baqarah ayat 3-4
Dari beberapa rincian taqwa salah satu hal yang dominan adalah sholat, di dalam sholat terdapat do’a-do’a yang salah satu do’anya adalah meminta petunjuk kepada Alloh SWT ( surat al-fatihah ayat 5 ) yang di baca di setiap rakaat sholat, dan yakin bahwa orang yang benar sholatnya, maka akan alloh berikan kemenangan, solusi, dan kebahagiaan ( sesuai dengan kalimat panggilan sholat / adzan “ marilah sholat, marilah meraih kemenangan/kebahagiaan “ ), dan sesuai dengan syarat mendapatkan petunjuk dari ALLOH SWT ( surat al-baqarah ayat 5 )

2.  Sabar dan Sholat
surat albaqarah ayat 45
Surat al baqarah ayat 153
Khusus untuk sebuah kesabaran alloh SWT menjelaskan dalam surat ar-ra’du ayat 13

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang masuk surga itu adalah orang yang sabar

Surat al insiroh
Innama al usri yusro wa innama alusri yusron

3. Banyak mengucap istigfar
Surat nuh ayat 10-13
Dalam ayat di atas di jelaskan jika seseorang meminta ampunan kepada Alloh SWT, maka Alloh SWT akan memberikan rahmatNya.

4. Berdo’a kepada Alloh SWT
Udz uni astajiblakum surat ghofir ayat 60
Bagai mana cara agar doa kita terkabul yaitu
Wadzkur robika taduruan wa hifatan wadhunal zhari minal qauli surat al-araf ayat 205
Dari do’a kita Alloh akan memberikan yang terbaik untuk kita
Surat al-baqarah ayat 2016



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

toko islam

toko islam

Popular Posts

Umroh Murah Ibadah Berkah

  UMRAH PASTI MAMPU!!!!! 🕋🕋 Di Tanur Ada program keren namanya Easy Umrah apa aja sih easy nya klo anda mau umrah DI TANUR cekidottt 👇 1....

Kajian Umum